Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak
Vol 3, No 2 (2021)

PERAN PEREMPUAN DALAM KETAHANAN KELUARGA DI KABUPATEN KUNINGAN: PROGRAM MEMBANGUN DESA MENATA SUMBER DAYA PANGAN KELUARGA (BUNDA MENYAPA)

Istiqomah Istiqomah (IAIN Syekh Nurjati)
Dewi Nur (IAIN Syekh Nurjati)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2021

Abstract

Program BUNDA MENYAPA merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang menekankan pada peran perempuan agar dapat terlibat aktif dan berpartisipasi dalam memanfaatkan lahan pekarangan secara produktif. Kegiatan BUNDA MENYAPA adalah menanam sayuran di pekarangan rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana partisipasi kelompok wanita tani terhadap program BUNDA MENYAPA dalam memanfaatkan lahan pekarangan. Penelitian ini dilakukan di Desa Sindangjawa Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan yang merupakan salah satu desa yang telah melaksanakan program ini. Jenis penelitian digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi dalam mengumpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pemberdayaan kelompok wanita tani melalui program BUNDA MENYAPA telah dilakukan dengan baik dan diterima oleh masyarakat, partisipasi Kelompok Wanita Tani dalam Program BUNDA MENYAPA ini cukup baik, terlihat dari partisipasi aktif  mereka dalam setiap kegiatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

equalita

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Nursing Social Sciences

Description

Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak focuses on topics related to gender and child issues. We aim to disseminate research and current developments on these issues. We invite manuscripts on gender and child topics in any perspectives, such as religion, economics, culture, history, education, law, ...