Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Vol 19, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

PENGARUH KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU

Berliana Ucha Maulid Perdani (Universitas Negeri Malang)
Endang Sri Andayani (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Guru merupakan salah satu pihak yang berperan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu kualitas guru sangat menentukan kualitas pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Perguruaan tinggi memiliki peran yang besar dalam memberikan bekal berbagai kompetensi kepada para calon guru untuk dapat memasuki dunia kerja. Dengan kompetensi yang cukup, calon guru akan lebih siap memasuki dunia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan teknologi, kemampuan pedagogik, dan pengetahuan bidang akuntansi terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi. Responden penelitian berjumlah 211 mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan teknologi, kemampuan pedagogik, dan pengetahuan bidang akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru. Artinya semakin baik kemampuan teknologi, kemampuan pedagogik, dan pengetahuan bidang akuntansi mahasiswa calon guru membuat kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru semakin baik. Oleh karena itu penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan literature dan wawasan bagi mahasiswa mengenai kemampuan TPACK terhadap kesiapan untuk menjadi guru.

Copyrights © 2021