Abstrak___________________________________________________________________Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui atau mendeskripsikan sejauh mana peranan tim konstitusi dalam pemahaman hak konstitusional melalui budaya sekolah yang ada di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan prosedur penelitian yang menggunakan kata-kata tertulis atau lisan orang-orang dan perilaku yang diamati. Lokasi penelitian yaitu SMA Negeri 5 Yogyakarta dengan subjek penelitian yaitu Pembina Tim Konstitusi, anggota Tim Konstitusi dan siswa. Objek penelitian ini adalah kegiatan-kegiatan yang di lakukan di dalam ke anggotaan Tim Konstitusi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui budaya yang di terapkan d dalam Tim Konstitusi menjadikan siswa anggota Tim Konstitusi memiiliki pemahaman mengenai hak konstitusional sebagai warga negara. Dengan adanya pemahaman akan hak-hak konstitusional menjadikan anggota Tim Konstitusi mampu berpikir kritis, logis dan mampu menyampaikan pendapat di depan umum karena mereka terlatih untuk hal itu, sehingga hal tersebut secara tidak langsung menjadi teladan ataupun conoth bagi siswa maupun warga sekolah.
Copyrights © 2022