ADVANCE
Vol 8, No 2 (2021): December

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2020)

Anugerah Ramadhani Sutarno (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta)
Ridwan Wahyudi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta)
Anggoro Panji Nugroho (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan signifikasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap audit delay, pengaruh likuiditas terhadap audit delay, pengaruh profitabilitas terhadap audit delay, pengaruh solvabilitas terhadap audit delay pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, sehingga sampel yang memenuhi syarat berjumlah 10 perusahaan dari 49 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptive, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t dan koefisien determinasi (R2). Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa variabel Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas dan Solvabilitas data berdistribusi normal, terbebas dari multikolonieritas, tidak terjadi autokorelasi, dan tidak terjadi heterokedastisitas. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Audit Delay, Likuiditas berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Audit Delay, Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Audit Delay dan Solvabilitas berpengaruh positif tetapi tidak signifikan. Hasil perhitungan koefisien Determinasi (R2) menunjukkan kemampuan variabel Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas dan Solvabilitas dalam menjelaskan Audit Delay sebesar 18,2% sedangkan sisanya 81,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan regresi atau variabel lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

advance

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Terbitan Berkala Ilmiah (ADVANCE) Program Studi S1 Akuntansi diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "AUB" Surakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa, dan masyarakat ...