JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi

ANALISIS KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI MAN 3 BIREUEN

Rahmi (Unknown)
Tutiliana (Unknown)
Cut Mazlina Ilhami (Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI MAN 3 Bireuen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 3 Bireuen tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4 dan XI IPA 5. Penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling dikarenakan berdasarkan hasil analisis nilai bahwa siswa memiliki karakteristik yang sama (homogen). Peneliti memilih sampel dari anggota populasi yang memiliki nilai rata-rata yang hampir sama atau memiliki nilai yang tidak jauh berbeda. Pengumpulan data dilakukan dengan alat bantu berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan software SPSS 21.0. Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini digunakan uji Independent Sampel t-Test. Hasil uji Independent sampel t-Tes kreativitas belajar siswa diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka ???????? ditolak dan ???????? diterima. Sehingga terdapat pengaruh pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas XI MAN 3 Bireuen. Hasil uji hipotesis hasil belajar menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,002. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,002< 0,05, maka ???????? ditolak dan ???????? diterima. Sehingga terdapat pengaruh penerapan pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI MAN 3 Bireuen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jesbio

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

JESBIO memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) kritis dan komperhensif dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi ...