Journal of Aafiyah Health Research (JAHR)
Vol. 1 No. 2 (2020): JULI- DESEMBER (JAHR)

Metode Edukasi Discussion Group Melalui Whatsapp Terhadap Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Usia Lanjut Anggota Pronalis

Muhammad Rizky adipratama yusuf (Klinik Prakita Medika)
Nurmiati Muchlis (Program Pascasarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia)
Jasmin Ambar (Unknown)
Yusriani Yusriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Latar belakang: Kesehatan rongga mulut memegang peranan penting dalam mendapatkan kesehatan umum dan kualitas hidup seseorang. Berdasarkan teori Blum, status kesehatan gigi dan mulut seseorang atau masyarakat dipengaruhi oleh empat faktor penting yaitu keturunan, lingkungan (fisik maupun sosial budaya), perilaku, dan usia. Pada usia lanjut dengan riwayat hipertensi dan DM Tipe 2 sangat sering ditemukan pasien yang datang kedokter gigi dengan keadaan gigi goyang ataupun berlubangyang diakibatkan oleh Oral Hygine buruk. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan usia lanjut tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mengetahui pengaruh edukasi discussion group melalui WhatsApp terhadap pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut pada usia lanjut. Metode: Jenis penelitian menggunakan metode observasional analitik dengan rancangan studi quasi eksperimental. Metode pengambilan sampel menggunakan exhaustic sampling, dilakukan pada 60 usia lanjut anggota prolanis puskesmas bira dan puskesmas kapasa kota makassar yang telah memenuhi kriteria. Pada pengukuran tingkat pengetahuan dan sikap usia lanjut ini diukur menggunakan pengisian kuisioner. Hasil: Uji Pearson’s Correlation menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian edukasi discussion group melalui Whatsapp terhadap pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut pada usia lanjut (p= 0,001; p<0,05) dan r=0,429 yang berarti bahwa tingkat korelasi cukup. Kesimpulan: Pemberian edukasi discussion group melalui WhatsApp dapat digunakan sebagai metode edukasi karena berdasarkan hasil penelitian terdapat korelasi yang signifikan antara pemberian edukasi terhadapt peningkatan pengetahuan dengan tingkat korelasi yang cukup.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jahr

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Journal of Aafiyah Health Research (JAHR) P-ISSN: 2722-4929, E-ISSN: 2722-4945 is an electronic and papers, open-access, and peer-reviewed journal. JAHR is dedicated to publishing results of research and literature review from different areas of public health, which includes the study of ...