Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan

IMPLEMENTASI BAHAN AJAR KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS BERMUATAN PESAN MORAL DALAM CERPEN HELVY TIANA ROSA

Sariyah Astuti (STMIK Pringsewu Lampung)
Dian Puspita (STMIK Pringsewu Lampung)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Implementasi Bahan Ajar Keterampilan Membaca Kritis Bermuatan Pesan Moral Yang Bersumber Dari Cerpen Helvy Tiada Rosa Untuk Siswa kelas XI SMA 1 Pringsewu ”. Penelitian ini menggunakan implementasi the R & D cycle) nya Borg dan Gall. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengumpulan Data, mendesain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk, dan Hasil Massal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non-tes dan tes.Penelitian menggunakan ahli materi untuk memvalidasi bahan ajar.Teknik analisis data dengan analisis deksriptif.Hasil pengembangan bahan ajar keterampilan membaca kritis bermuatan pesan moral yang bersumber dari cerpen Helvy Tiada Rosa untuk siswa kelas XI SMA 1 Pringsewu termasuk pada kategori “Baik”.Hasil validasi pengembangan bahan ajar apresiasi sastra pada aspek materi bahan ajar sebesar 3, secara keseluruhan dapat dikategorikan “Baik”. Berdasarkan efektivitas pengembangan dengan menggunakan bahan ajar yang sudah di validasi, maka pengetahuan, pemahaman dan Keterampilan menemukan informasi faktual, menemukan ide pokok yang tersirat, menemukan unsur urutan, unsur perbandingan, unsur sebab akibat yang tersirat, menemukan suasana, membuat kesimpulan, menemukan tujuan pengarang, memprediksi atau menduga dampak. Keterampilan membedakan opini dan fakta.Isi cerpen & opini interpretasi pesan moral cerpen.Keterampilan membedakan realitas dan pantasi.Keterampilan mengikuti petunjuk.Keterampilan menemukan unsur propoganda.Keterampilan menilai keutuhan gagasan.Keterampilan menilai kelengkapan antar gagasan.Keterampilan menilaian keruntutan gagasan.Keterampilan menilai kesesuaian antara judul dan isi bacaan.Keterampilan membuat kerangka bahan bacaan dan, Keterampilan menemukan tema karya sastra berada pada kategori sangat Baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Education

Description

Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, mencakup bidang penelitian pendidikan dalam proses belajar mengajar, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan ...