Abstrak Guru harus senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran. Ada beberapa teknik yang dapat diterapkan oleh guru diantaranya adalah dengan lesson study. Lesson study merupakan proses kolaborasi beberapa guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan oleh tim dosen dari Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus. Metoda yang digunakan adalah pendampingan teori dan pengetahuan tentang lesson study terhadap guru MI Muhammadiyah Undaan Kudus dan praktek pembelajaran berbasis lesson stud” yang meliputi 3 (tiga) tahap: “Plan, Do dan Reflection”. Berdasarkan hasil pelatihan dan pendampingan, guru MI Muhammadiyah Undaan Kudus menyusun Lesson design secara bersama-sama kemudian menerapkannya di kelas II pada pembelajaran Tematik Matematika dengan topic pengenalan uang. Pada saat pembelajaran siswa aktif berpartisipasi dengan maju ke depan kelas dan melakukan role play sebagai penjual dan pembeli. Peningkatan perhatian siswa kepada guru juga lebih baik dan siswa sangat antusias dalam pembelajaran.
Copyrights © 2020