Muria Jurnal Layanan Masyarakat
Vol 2, No 1 (2020): Maret 2020

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS LESSON STUDY

Achmad Hilal Madjdi (Universitas Muria Kudus)
Aisyah Ririn Perwikasih Utari (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2020

Abstract

Abstrak Guru harus senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran. Ada beberapa teknik yang dapat diterapkan oleh guru diantaranya adalah dengan lesson study. Lesson study merupakan proses kolaborasi beberapa guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan oleh tim dosen dari Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus. Metoda yang digunakan adalah pendampingan teori dan pengetahuan tentang lesson study terhadap guru MI Muhammadiyah Undaan Kudus dan praktek pembelajaran berbasis lesson stud” yang meliputi 3 (tiga) tahap: “Plan, Do dan Reflection”. Berdasarkan hasil pelatihan dan pendampingan, guru MI Muhammadiyah Undaan Kudus menyusun Lesson design secara bersama-sama kemudian menerapkannya di kelas II pada pembelajaran Tematik Matematika dengan topic pengenalan uang. Pada saat pembelajaran siswa aktif berpartisipasi dengan maju ke depan kelas dan melakukan role play sebagai penjual dan pembeli. Peningkatan perhatian siswa kepada guru juga lebih baik dan siswa sangat antusias dalam pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mjlm

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat untuk memperkaya khasanah keilmuan pendidikan menuju tercapainya generasi emas Indonesia. Muria Jurnal Layanan Masyarakat merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian ...