Jurnal Pendidikan Anak
Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Anak

Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Berbasis Parenting Education di Era Pandemi Covid-19

Puspita Dwi Saputri (UIN Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

The existence of the covid-19 pandemic period which can affect the development of early childhood, of course, can affect the intelligence or ability of a child to be creative in various activities. The most basic thing for children's development is their physical development, increasing the physical development of a child it will be very supportive for him to improve and develop his physical skills and explore his environment without waiting for help from others. early childhood. To obtain data in this study, the authors used qualitative research methods from the data generated through observation, interviews, and documentation. The subjects of this study were children of group B PAUD Asyiyah Bustanul Athfal Sidomulyo. The object of this research is the physical motor development of children. The process of developing a child's physical motor is very much influenced by the environment where the child lives, both the family environment, the community, and the environment of the PAUD institution itself. PAUD is one of the institutions where children are guided so that it is expected to provide a good role in increasing physical motor development for early childhood. Physical motor development of early childhood during the COVID-19 pandemic is very low, this is due to several factors, including children who have not seen friends for a long time so activities that can help children's physical motor development run as they should. Researchers took steps to conduct research with qualitative methods, while the results obtained were 81.78% with very well developed criteria. Adanya masa pandemi covid-19 yang dapat mempengaruhi perkembangan anak usia dini, tentunya dapat berpengaruh terhadap kecerdasan atau kemampuan seorang anak didalam berkreasi di berbagai kegiatan.Hal yang paling mendasar bagi perkembangan anak ialah berkembangnya fisik yang dimilikinya, baiknya perkembangan fisik yang dimiliki oleh seorang anak akan sangat memungkinkan bagi dirinnya untuk meningkatkan serta mengembangkan keterampilan fisiknya serta didalam melakukan pengeksplorasian dengan lingkungannya mereka tidak harus menunggu bantuan-bantuan dari orang lainPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan fisik motorik dalam pembelajaran anak usia dini melalui parenting, faktor yang mendukung dan menghambat tumbuh kembang fisik motorik anak usia dini. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dari data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B PAUD Asyiyah Bustanul Athfal Sidomulyo. Objek dari penelitian ini adalah perkembangan fisik motorik anak. Proses pengembangan fisik motorik anak sangat di pengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal anak, baik lingkungan keluarga, masyarakat, dan lingkungan lembaga PAUD itu sendiri. PAUD merupakan salah satu lembaga tempat anak di bimbing sehingga diharapkan dapat memberikan peran yang baik terhadap peningkatan perkembangan fisik motorik bagi anak usia dini. Perkembangan fisik motorik anak usia dini di masa pandemi covid sangat rendah, hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya anak sudah terlalu lama tidak bertemu dengan teman-teman sehingga kegiatan yang dapat membantu perkembangan fisik motorik anak tidak berjalan sebagaimana mestinya. Peneliti mengambil langkah melakukan penelitian dengan metode kualitatif, adapun hasil yang didapat sebesar 81,78% dengan kriteria berkembang sangat baik.Kata Kunci: Perkembangan, Fisik Motorik, Parenting EducationDOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v7n2.23355

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Jurnal Pendidikan Anak (JPA) is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, ...