Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil
Vol 1, No 1 (2022)

ANALISIS KINERJA PENGEMBANGAN TERMINAL MADYOPURO SEBAGAI REST AREA

Yashinta Petrina Sari, Fredda Setya H. A. A. , (Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya)
Djakfar, Ludfi (Unknown)
Kusumaningrum, Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2022

Abstract

Potensi wisata yang ada di sekitar Kota Malang menyebabkan banyaknya wisatawan yang datangbaik dengan kendaraan pribadi maupun dengan bus, terutama wisatawan yang datang melewati pintu tolMadyopuro. Sehingga Terminal Madyopuro berpotensi menjadi terminal wisata Rest Area. Tujuan daridilakukannya penelitian ini adalah melakukan analisis kinerja Terminal Madyopuro untuk dijadikan RestArea di daerah tersebut dan mengidentifikasi fasilitas yang diperlukan dalam pengembangan TerminalMadyopuro menjadi Rest Area.Data penelitian ini didapatkan dari wawancara untuk mengetahui kondisi dan kinerja fasilitasTerminal hingga saat ini. Jumlah responden 100 orang dengan kriteria masyarakat Kota Malang yangberumur 17 tahun ke atas dan pernah menggunakan terminal minimal satu kali. Metode IPA (Importance –Performance Analysis) digunakan untuk mengolah data untuk mengukur hubungan antara persepsipengguna Terminal dan tingkat penerapan terhadap fasilitas yang ada pada Terminal Madyopuro. Penelitianini mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 40 Tahun 2015 Tentang Standar PelayananTerminal Penumpang. Penelitian ini didefinisikan 2 variabel, yaitu variabel Kepentingan dan variabelKinerja Penerapan (Aspek Keselamatan, Keamanan, Keteraturan, Kenyamanan, Kemudahan, Kesetaraan).Hasil analisis didapatkan kondisi fasilitas Terminal Madyopuro kurang memuaskan karena kurang berfungsidengan baik dan beberapa tidak tersedia seperti Lajur pejalan kaki, Pos dan petugas kesehatan, Pos danpemeriksaan kendaraan umum, Pos dan petugas perbaikan kendaraan umum, Petugas keamanan, jadwalkedatangan dan keberangkatan serta tarif kendaraan umum, Jadwal kendaraan umum dalam trayek lanjutan,Kantor penyelenggara terminal, Petugas operasional Terminal, Tempat ibadah/ Mushola, lampu peneranganruangan, petugas kebersihan, informasi layanan dan Ruang ibu menyusui. Dengan metode IPApengembangan Terminal Madyopuro pada kuadran IV, beberapa kinerja fasilitas sudah sesuai fungsi namunmasih belum sesuai harapan responden seperti Alat pemadam Kebakaran, Petugas Keamanan, JadwalKedatangan dan Keberangkatan serta tarif secara tertulis, Ruang Tunggu, Toilet, Tempat Ibadah, Ruang IbuMenyusui.Kata Kunci: Terminal, Rest Area, Metode IPA, Fasilitas, Terminal Madyopuro, Terminal Tipe C.

Copyrights © 2022