Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Vol 7 No 2 (2022): Jurnal pendidkan dasar nusantara

The influence of video-based media multiplication boards in improving mathematics learning outcomes for MI plus grade II students Al-Istighotsah Tulungagung

Lina Falah (IAIN Tulungagung)
Eni Setyowati (IAIN Tulungagung)
H. Akhyak (IAIN Tulungagung)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti di MI Plus Al-Istighotsah Tulungagung, diketahui bahwa proses pembelajaran secara daring belum menggunakan media pembelajaran, hanya meminta peserta didik untuk membaca, mengamati dan mengerjakan tugas. Sehingga kurang memahami materi perkalian yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media Papan Perkalian berbasis video dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas II MI Plus Al-Istighotsah Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan analisis data dapat dilihat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran yang mendapat perlakukan khsuus (Menggunakan media papan perkalian berbasis video) dengan pembelajaran yang tidak mendapat perlakuan khusus. Ini terlihat dari hasil analisis pada uji t-test yang memperoleh nilai thitung yaitu 2,087, sedangkan nilai ttabel yaitu 1,697 pada taraf signifikasi 5% dengan db = N-2 = 56-2 = 54. Berdasarkan hasil thitung dengan ttabel dapat disimpulkan bahwa thitung >ttabel yaitu 2,087 >1,697 dengan sig. (2-tiled) yaitu 0,042 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media papan perkalian berbasis video dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas II MI Plus Al – Istighotsah Tulungagung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara is an open access journal and published twice a year in January & July that contains research result where never ...