Muhammadiyah Journal of Midwifery (MyJM)
Vol 2, No 2 (2021): Muhammadiyah Journal of Midwifery (MYJM)

Laporan Kasus Kehamilan pada Minggu Ke-34/35 dengan Covid-19, Diagnosis dan Penatalaksanaannya

Ratna Widyastuti (Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia Departemen Obstetri dan Ginekologi, Dr. Harjono S. Ponorogo General Hospital, Indonesia)
Arief Prijatna (Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia Departemen Obstetri dan Ginekologi, Dr. Harjono S. Ponorogo General Hospital, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Coronavirus disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang telah menyebabkan pandemi global. Pada saat penulisan, pengetahuan seputar COVID-19 dan hubungannya dengan kehamilan dan janin masih terbatas. Laporan kasus ini akan membahas COVID-19 pada seorang wanita berusia 24 tahun pada usia kehamilan 34/35 minggu. Hasil pemeriksaan rontgen dada menunjukkan adanya pneumonia bilateral, sedangkan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) SARS CoV-2 memberikan hasil positif. Pasien menjalani operasi caesar elektif. Bayi lahir dengan berat badan lahir 2700 gram, skor Apgar 7-9, dan tanpa kelainan neonates, selanjutnya pasien dirawat di ruang isolasi dengan perawatan kolaboratif dari berbagai spesialis, tidak mengalami komplikasi intrapartum maupun postpartum. Ibu dan bayi dipulangkan dari rumah sakit dalam kondisi baik. Artikel ini sangat menekankan pentingnya memberikan terapi yang optimal kepada ibu hamil yang terinfeksi COVID-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MyJM

Publisher

Subject

Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

MUHAMMADIYAH JOURNAL OF MIDWIFERY (MyJM) adalah jurnal ilmiah resmi yang diterbitkan secara rutin oleh Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta. MyJM terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Ruang lingkup jurnal ini meliputi kesehatan ibu dan anak, ...