Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat
Vol 11, No 1 (2022): Maret, 2022

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH PADA MAHASISWA ANGGOTA FORDIS

Fikriana Mahar Rizqi (Universitas Slamet Riyadi)
Maya Sekar Wangi (Unknown)
Estu Widiyowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2022

Abstract

Fordis merupakan suatu forum diskusi yang dibentuk tahun 2020. Forum ini beranggotakan mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan tujuan untuk membentuk dan menjaga 3 tradisi mahasiswa yakni tradisi membaca, menulis dan berdiskusi di Universitas Slamet Riyadi (Unisri). Ketiga tradisi tersebut penting karena memberikan mahasiswa posisi sebagai pengawas dengan mengekspos kebijakan penguasa dari kacamata mahasiswa dan teori-teori. Fordis setidaknya telah ikut serta dalam mewujudkan dan menjaga tradisi membaca dan diskusi. Anggota Fordis ingin mengembangkan hasil diskusi yang selama ini dilakukan ke dalam karya tulis ilmiah agar bisa dipublikasikan. Permasalahan mereka ada di kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam kepenulisan. Solusi yang ditawarkan atas permasalahan tersebut adalah dengan proses edukasi dengan metode pelatihan dan pendampingan karya tulis ilmiah selama enam bulan. Tujuan dari pelatihan ini adalah membantu anggota Fordis agar dapat menggunakan kemampuan dalam bidang penulisan karya ilmiah dalam kehidupannya sebagai civitas akademika, berupa proposal, esai dan jurnal. Hasilnya adalah mahasiswa mampu membuat proposal Program Kreativitas Mahasiswa Wira Desa dan esai yang dipublikasikan. Program ini bisa dikatakan berhasil karena mampu menghasilkan luaran karya ilmiah berupa proposal dan esai. Adapun jurnal belum berhasil terealisasikan sehingga diharapkan program ini bisa dilanjutkan di tahun berikutnya.

Copyrights © 2022