Jurnal Manajemen Dayasaing
Vol 23, No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dayasaing

UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM KOTA SEMARANG

Cicik Harini (Universitas Pandanaran)
Heru Sri Wulan (Universitas Pandanaran)
Feri Agustina (Universitas Pandanaran)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2022

Abstract

Munculnya virus corona pada tahun 2020 telah memporakporandakan perekonomian di Indonesia, membuat kekuatan UMKM di uji kembali. Penurunan omset di sektor non kuliner mencapai 30-35% akibat adanya pembatasan kegiatan yang membuat para pelaku usaha sulit melakukan penjualan secara tatap muka. Oleh karena itu pelaku UMKM harus mampu mengusai digital marketing. Penelitain ini bertujuan mengetahui bagaimana implementasi digital marketing melalui media sosial pada 30 UMKM diĀ  Kota Semarang, yang terpilih sebagai responden. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional, menggunakan data primer yang diperoleh berdasarkan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis kualitatif serta ditampilkan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian UMKM di Kota Semarang yang telah menggunakan digital marketing melaluiĀ  media sosial sebagai sarana untuk memasarkan produknya, mengalami peningkatan volume penjualannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dayasaing

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Dayasaing is a media of scientific papers on economics and business management, human resource management, financial management, marketing management, operations management, hospital management, Islamic economics, and sharia ...