JURNAL AGRILAND
Vol 9, No 3 (2021): Agriland: Jurnal Ilmu Pertanian

Aplikasi Trichoderma pada beberapa sumber pupuk kandang dan dosis penggunaan terhadap pertumbuhan dan produksi tomat Dataran rendah (Lycopersicum esculentum Mill.)

Andre Giovan (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Sri Utami (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Asritanarni Munar (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Ira Apriyanti (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi Trichoderma pada beberapa sumber pupuk kandang dan dosis penggunaan terhadap pertumbuhan dan produksi tomat dataran rendah. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Lama, Hamparan Perak, Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok faktorial tiga ulangan dengan dua faktor perlakuan. Faktor pertama adalah aplikasi Trichoderma dengan pupuk kandang pupuk kandang sapi, pupuk kandang kambing, dan pupuk kandang ayam. Faktor kedua adalah dosis pupuk 0, 1.5, dan 3 kg/polybag. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan aplikasi Trichoderma dengan berbagai sumber pupuk kandang memberikan pengaruh nyata terhadap semua parameter pertumbuhan dan produksi tanaman tomat yang diukur. Perlakuan dosis dengan berbagai taraf memberikan pengaruh nyata pada umur mulai berbunga, jumlah buah per tanaman sampel, berat buah per tanaman sampel, produksi buah per plot dan produksi buah per hektar namun tidak nyata pada parameter tinggi tanaman, diameter batang, jumlah bunga dan persentase bunga menjadi buah. Interaksi antara kedua perlakuan memberikan pengaruh nyata terhadap semua parameter pertumbuhan dan produksi tanaman tomat yang diukur.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

agriland

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agriland adalah wadah informasi bidang Ilmu Pertanian berupa hasil penelitian atau review maupun tulisan ilmiah ...