Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Penkomi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi

ANALISIS PENGARUH PERPUTARAN KREDIT TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI (STUDI KASUS PADA KOPERASI PEGAWAI REPOBLIK INDONESIA (KPRI) OBOR KOTA BIMA)

hartoyo hartoyo (stkipbima.ac.id)
Wahyuni Wahyuni (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perkembangan tingkat perputaran kredit dan tingkat rentabilitas ekonomi pada Koperasi Pegawai Repoblik Indonesia (KPRI) Obor kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah pengurus, pengawas, anggota dan karyawan pada Koperasi Pegawai Repoblik Indonesia (KPRI) Obor Bima untuk di wawancarai mengenai data yang dibutuhkan. Analisis data penelitian ini menggunakan Analisis dinamis yaitu penganalisaan antara pos-pos yang terdapat dalam laporan keuangan pada beberapa periode, atau yang lebih dikenal dengan Analisis rasio koperasi dengan menggunakan Analisis rasio perputaran kredit dan rasio rentabilitas ekonomi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat perputaran rentabilitas selama kurun waktu tahun 2014 sampai dengan tahun 2018 terus mengalami peningkatan yang signifikan yaitu diatas 100% kecuali Pada tahun 2015 yaitu sebesar 98,92%. Tingkat perputaran kredit mengalami peningkatan setiap tahunnya yaitu mulai tahun 2014 sampai dengan tahun 2018 bahwa rata-rata perputaran kredit dalam setahun seperti yang dianalisis dengan menggunakan rumus perputaran (RTO) mengalami perputaran di atas seribu kali.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan EKonomi (PenKoMi) merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jurnal PenKoMi memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang pendidikan dan ekonomi, berisikan laporan hasil penelitian, hasil gagasan konseptual, dan critical review di bidang ...