Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 6, No 2 (2021): Teks

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ANEKDOT DARING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERBASIS ANIMASI DI SMA KABUPATEN JEPARA

Agung Winarya (Unknown)
asrofah asrofah (Unknown)
Nazla Maharani Umaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar anekdot dengan media gambar berbasis animasi daring di SMA Kabupaten Jepara. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Reseach and Development oleh Borg dan Gall. Hasil penilaian validasi pakar ahli menunjukkan presentase keseluruhan yang didapat adalah 80 % atau jika dikonversikan ke dalam kriteria atau kategori mendapat predikat layak diujicobakan. Setelah divalidasi, bahan ajar diujicobakan di sekolah uji coba dan mendapatkan penilaian guru bahasa Indonesia di dua sekolah tersebut, didapatkan hasil yaitu kelayakan penyajian bahan ajar bagi guru mendapat nilai 86%, sedangkan aspek penerapan materi anekdot bagi siswa mendapat nilai 87% atau jika dikonversikan ke dalam kriteria atau kategori mendapat predikat layak. Nilai anekdot di dua sekolah secara keseluruhan terdapat 56 peserta didik yang nilainya di atas 70 sesuai kriteria ketuntasan minimal (KKM) di dua sekolah tersebut. Artinya, dari jumlah 56 peserta didik rata-rata sudah tuntas dalam kompetensi menulis anekdot. Dari data yang telah dianalisis, disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dikategorikan layak digunakan dalam proses pembelajaran. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teks

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial ...