Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 2 No 1 (2022): JAMSI - Januari 2022

Pemberian Bimbingan Belajar Bahasa Inggris kepada Anak Usia Dini di Panti Asuhan Bani Adam ‘As Medan

Hairani Siregar (Jurusan Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
Gaby Octavia (Jurusan Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2022

Abstract

Kemampuan menguasai Bahasa Inggris sangat penting di era modern ini karena bahasa Inggris tidak hanya digunakan di bidang akademik, tetapi juga di dunia kerja. Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang rendah terutama mereka yang berasal dari kelompok kurang mampu seperti anak yatim. Di sisi lain, muncul berbagai lembaga kursus Bahasa Inggris yang memasang tarif begitu fantastis. Diperlukan alternatif pemecahan masalah yaitu adanya kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris gratis. Anak di Panti Asuhan Bani Adam ‘As pun merasakan hal yang sama. Banyak dari mereka yang berminat belajar Bahasa Inggris namun kondisi tidak memungkinkan bagi mereka untuk melakukannya. Oleh sebab itu, kegiatan praktikum ini merupakan hal yang sangat tepat sasaran untuk dilakukan. Program Intervensi yang digunakan dalam kegiatan Praktikum ini adalah Intervensi Komunitas oleh Zastrow yang terdiri dari; Intake, Assesmen dan Perencanaan Intervensi, Penyeleksian Anggota, Pengembangan Kelompok, Evaluasi dan Terminasi. Sebagai tambahan, terjadi peningkatan keterampilan membaca dan berbicara serta motivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, program ini juga memberikan manfaat bagi kedua belah pihak yang terlibat (yatim dan siswa) secara sosial dan pendidikan. Artinya terdapat dampak positif yang signifikan setelah pelaksanaan program ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...