Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 2 No 1 (2022): JAMSI - Januari 2022

Bimbingan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ pada Anak Masa Kini di Panti Asuhan Yayasan Bani Adam ‘As Medan

Hairani Siregar (Jurusan Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
Muhammad Farhan Shidqi Tanjung (Jurusan Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2022

Abstract

Memberikan pengajaran tentang pentingnya membaca Al-Qur'an pada anak masa kini bukan hal yang mudah, karena selain memerlukan pengetahuan seorang tenaga didik juga harus mengetahui metode yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode iqra’ sebagai kemampun dasar membaca Al-Qur'an  anak masa kini khususnya di Panti Asuhan Yayasan Bani Adam ‘As Kota Medan. Penelitian atau praktikum ini menggunakan intervensi komunitas yang dikemukakan oleh Zastrow, sebagai berikut; Intake, Assesment, Perencanaan Intervensi, Penyeleksian Anggota, Pengembangan Kelompok, Evaluasi dan Terminasi. Dari hasil penelitian atau praktikum ini, diharapkan adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Iqra' pada anak masa kini khususnya di Yayasan Panti Asuhan Bani Adam As. Selain itu, program ini juga memberikan manfaat pada mental spiritual anak yang artinya pelaksanaan ini besar harapan agar memberikan dampak positif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...