PAX HUMANA
Vol 8, No 1 (2021)

Membangun Perdamaian Relasional di Poso : Sebuah Kontribusi Pendidikan perdamaian di Sekolah Perempuan terhadap perdamaian di Poso

Yuliana Tien. B Tacoh (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2022

Abstract

Abstrak Tulisan ini hendak menjelaskan perdamaian dengan pendekatan relasional yang merupakan bagian dari proses pembangunan perdamian. Pembangunan perdamaian dengan pendekatan tersebut adalah proses rekonsiliasi dan pencegahan konflik yang dibutuhkan di Kabupaten Poso sebagai daerah pasca konflik. Selanjutnya tulisan ini juga menyoroti bagaimana pembangunan perdamaian relasional dapat terbangun melalui kontribusi dari kegiatan pendidikan perdamaian di Sekolah Perempuan di Poso. Pelaksanaan Kegiatan pendidikan perdamaian yang akan dikaji adalah materi dan pendekatan metode yang dipakai di Sekolah Perempuan, yang dapat menunjang dan berperan dalam pembangunan perdamaian relasional di Kabupaten Poso. Penulisan makalah ini memakai metode penelusuran literatur. Hasilnya memperlihatkan bahwa Pendidikan Perdamaian yang dilaksanakan di Sekolah Perempuan Kabupaten Poso dapat memberi kontribusi yang sesuai untuk pembangunan perdamaian relasional. Kontribusi pendidikan perdamaian pada pembangunan perdamaian relasional terlihat pada kajian tujuan pendidikan perdamaian , interaksi antara sesama peserta sekolah perempuan, dan materi serta metode yang dipakai dalam pelaksanaan pendidikan perdamaian di sekolah perempuan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ph

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Pax Humana adalah Jurnal Humaniora Yayasan Bina Darma yang terbit dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember). Jurnal ini hadir sebagai wadah pencerahan dan pemberdaya masyarakat atas dasar kasih dan ...