Jurnal Ilmu Komunikasi Progressio
Vol 2, No 1 (2021): Maret 2021

Konstruksi Media Online Detik.com dan Kompas.com terhadap Vanuatu (Analisis Framing Pemberitaan Vanuatu Pasca Pengangkatan Isu Pelanggaran HAM Papua dalam Sidang Umum PBB ke-75)

Fikri Ali Kurnia (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Shulfi Ana Helmi (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Sunnah Dwi Rochmana (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2021

Abstract

ABSTRAKVanuatu merupakan salah satu negara Kepulauan Pasifik yang secara konsisten menyampaikan isu dugaan pelanggaran HAM Papua dalam setiap kesempatannya di Sidang Umum PBB. Pada 27 September 2020, Vanuatu yang diwakili oleh Perdana Menteri Republik Vanuatu, Bob Loughman, kembali menyinggung isu kasus pelanggaran HAM masyarakat Papua dalam Sidang Umum PBB ke-75. Pernyataan Vanuatu dan jawaban dari Diplomat Indonesia, Sylvany Austin Pasaribu dalam sidang PBB ke-75 tersebut menjadi sorotan berbagai media. Salah satu media yang turut memberitakan yaitu Detik.com dan Kompas.com sebagai pionir media online dan salah satu situs berita yang paling sering diakses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kedua media online tersebut mengemas pemberitaannya terhadap Vanuatu pasca disinggungnya isu pelanggaran HAM Papua dalam Sidang Umum PBB ke-75. Periode berita yang diteliti yakni sejak tanggal 27 September hingga 2 Oktober 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M Kosicky. Dalam penelitian ini, Detik.com lebih cenderung menyudutkan Vanuatu. Hal ini dapat dilihat dari segi kuantitas maupun pengemasan berita. Sedangkan Kompas.com meskipun tidak menempatkan Vanuatu dalam posisi yang menguntungkan, namun berusaha menunjukan keberimbangan dalam pemberitaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

progressio

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

- Manajemen Komunikasi - Media Literasi - Cyber Media - Komunikasi dan Gender - Semiotika - Komunikasi Pemasaran - Komunikasi Organisasi - Komunikasi Sosial dan ...