Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia
Vol 16 No 1 (2022): Volume 16 Nomor 1 (8)

Analisis Seleksi Penerimaan Asisten Laboratorium Komputer Dengan Menggunakan Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS)

Syukri Syukri (Unknown)
Laila Qadriah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2022

Abstract

ABSTRAK. Keberadaan asisten di laboratorium komputer merupakan salah satu unsur penting dalam menunjang proses pelaksanaan pembelajaran di laboratorium komputer Fakultas Teknik Universitas Jabal Ghafur. Oleh karena itu, konsep sistem pengampilan keputusan pada proses seleksi penerimaan asisten laboratorium komputer sangat diperlukan. Kesalahan dalam pengambilan keputusan menimbulkan ketidakpercayaan terhadap kualitas asisten laboratorium komputer yang diterima dan berdampak pada menurunnya pemahaman dan keterampilan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dalam seleksi penerimaan asisten laboratorium komputer pada Fakultas Teknik Universitas Jabal Ghafur. Hasil akhir dari dari penelitian ini adalah menentukan alternatif terbaik dari sejumlah alternatif. Ada lima kriteria yang digunakan dalam seleksi penerimaan asisten labotarorium komputer antara lain IPK (Indeks Prestasi Kumulati), pengetahuan hardware dan jaringan, penguasaan bidang programing, kemampuan servis komputer dan kepribadian. Perhitungan mengikuti langkah-langkah yang ada di metode TOPSIS. Dari perhitungan menghasilkan alternatif terbaik yang nantinya akan menjadi asisten laboratorium komputer.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jitika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) AsiA MALANG sebagai terbitan berkala yang menyajikan informasi dan analisis tentang ilmu-ilmu Teknologi dan ...