Indonesian Business Review
Vol 3 No 2 (2020): Indonesian Business Review

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Intensi Masyarakat Indonesia untuk Berdonasi pada Kegiatan Crowdfunding

Dea Adila Iskandar (School of Business and Economics Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430 Indonesia.)
Jerikho A.A. Siagian (School of Business and Economics Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430 Indonesia.)
Reiner Clementius Salim (School of Business and Economics Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430 Indonesia.)
Vincentius Nugraha Kenardi (School of Business and Economics Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430 Indonesia.)
Yohan Adimas Wibisono (School of Business and Economics Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430 Indonesia.)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Indonesia sebagai negara nomor satu yang memiliki penduduk dengan tingkat kedermawanan yang paling tinggi sedunia merupakan landasan yang tepat bagi platform crowdfunding untuk tumbuh. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi intensi seseorang dalam melakukan donasi. Studi ini meneliti hubungan antar orang, sikap terhadap membantu orang lain, inovasi, dan rasa empati sebagai determinan intensi seseorang untuk berpartisipasi dalam ​crowdfunding​. Identifikasi sosial dengan komunitas ​crowdfunding merupakan mediator dalam model penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah identifikasi sosial dengan komunitas ​crowdfunding ​dan ​rasa empati memiliki pengaruh yang positif terhadap intensi seseorang dalam melakukan donasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ibr

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

IBR seeks to publish high-quality, scholarly empirical research articles in : - management, - strategic management, - organization, - entrepreneurship, - operation management, - human resource management, - business, and organization topics that test, extend, or build theory and contribute to ...