Media Manajemen Pendidikan
Vol 4 No 3 (2022): Februari 2022

Manajemen Pembelajaran Inklusi di TK Islam Al Hikmah Selokerto Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen

Esti Ariani (SMKN 1 Karanganyar Kebumen)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran inklusi ; (2) pengorganisasian pebelajaran inklusi; (3) pelaksanaan pembelajaran inklusi; (4) pengawasan pembelajaran inklusi; (5) faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajarn inklusi; (6) hasil dari pelaksanaan menejemen pembelajaran inklusi, di TK Islam Al Hikmah Selokerto Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan Manajemen Pembelajaran Inklusi di TK Islam Al Hikmah Selokerto Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen sangat baik: (1) Perencanaan pembelajaran inklusi sangat baik; (2) Pengorganisasian pembelajaran inklusi sangat baik; (3) Pelaksanaan pembelajaran inklusi sangat baik; (4) Pengawasan pembelajaran inklusi baik; (5) Faktor pendukung pembelajaran inklusi yaitu adanya dukungan dari yayasan, warga sekolah, orang tua; adanya SDM, kurikulum, sarana prasarana; adanya layanan yang semakin optimal kepada siswa ABK. Faktor penghambatnya: belum memiliki Guru Pembimbing Khusus sesuai ketentuan, kemampuan Guru Pendamping Khusus perlu ditingkatkan, sarana prasarana untuk siswa ABK belum lengkap; (6) Hasil dari pelaksanaan manajemen pembelajaran inklusi: siswa memiliki kompetensi sesuai tahap perkembangan anak, terbentuknya karakter siswa, meningkatnya kemandirian, tanggung jawab dan kepercayaan diri siswa ABK, siswa memiliki prestasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mmp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Media Manajemen Pendidikan merupakan wadah publikasi ilmiah dalam bidang kependidikan dan manajemen pendidikan yang berasal dari hasil penelitian ataupun kajian teori. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam satu volume (tiap tahun) yaitu Februari, Juni, dan Oktober oleh Program Studi Manajemen ...