JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Vol 7, No 2 (2022): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)

Validitas pengembangan modul pembelajaran berbasis project based learning pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi

Eka Khairani (Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Padang)
Hasan Maksum (Pendidikan Otomotif, Universitas Negeri Padang)
Fahmi Rizal (Pendidikan Teknil Sipil dan Bangunan, Universitas Negeri Padang)
Muhammad Adri (Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Inovasi dan pengembangan proses pembelajaran dipandang sebagai proses partisipatif yang melibatkan manajemen, seluruh komunitas sekolah termasuk pemangku kepentingan, yang dapat menciptakan ide-ide baru dalam penyelenggaraan pendidikan Suatu pembelajaran yang menarik dan mandiri membutuhkan suatu media yang bisa merangsang minat dan ketertarikan siswa untuk mengikuti pembelajaran tersebut, terutama pembelajaran daring yang tentunya sangat membosankan bagi siswa karena hanya berkutat dengan benda mati tanpa ada interaksi dengan guru secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Project Based Learning    yang dirancang sebagai alternatif media pembelajaran. Metode dalam penelitian ini menggunakan Model ADDIE dengan prosedur pengembangan Borg And Gall, yaitu  tahap Analisis, Defenisi, Design, Implementation dan Evaluation. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini: Validitas E-learning Berbasis Project Based Learning dinyatakan valid pada aspek media dengan nilai 0,902 dan aspek materi dengan nilai 0,842. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa E-learning Berbasis Project Based learning  dinyatakan valid untuk digunakan sebagai alternatif modul pembelajaran Project Based Learning di SMPN 9 Padang. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrti

Publisher

Subject

Education

Description

JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) ISSN: 2502-079X (Print), ISSN: 2503-1619 (Electronic) is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education research. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that are of local and ...