Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Strategi Komunikasi Kampanye @Jedaiklim (Studi Kasus Kampanye Climate Action Now)

Ayu Suryanah (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang)
Maulana Rifai (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang)
Fardiah Oktariani Lubis (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini berfokus pada (1) bagaimana strategi komunikasi kampanye yang dilakukan oleh salah satu akun Instagram @jedaiklim dalam melakukan kegiatan kampanye Climate Action Now, (2) apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat serta (3) dampak apa yang dihasilkan dari kegiatan kampanye Climate Action Now. Dengan menggunakan model komunikasi kampanye Ostergaard yang menjadi acuan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi kepustakaan, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) strategi komunikasi kampanye yang dilakukan dalam kampanye Climate Action Now terdiri dari pra kampanye dimana pada tahapan ini dilakukan identifikasi masalah dan menentukan tujuan, tahap kedua pengelolaan kampanye yaitu dengan membuat konten kampanye yang dapat mempengaruhi sikap, perilaku dan pengetahuan khalayak, menentukan target sasaran, menentukan pelaku kampanye, memilih saluran kampanye, pelaksanaan kampanye dan melakukan evaluasi kegiatan kampanye, tahap ketiga yaitu pasca kampanye dimana pada tahap ini dilakukannya evaluasi kegiatan untuk melihat keefektifan kampanye dalam penanggulangan masalah, (2) hambatan yang ditemukan adalah sulitnya mendapatkan perizinan untuk melakukan aksi luring serta masih sedikitnya peserta yang ikut berpartisipasi dalam melakukan aksi kampanye Climate Action Now, faktor pendukung berasal dari banyaknya dukungan isu kampanye, dukungan dari komunitas lain serta pemilihan media kampanye, (3) dampak kampanye Climate Action Now ini dapat dilihat dari meningkatnya pengetahuan terkait krisis iklim serta dilanjutkannya kampanye Climate Action Now di Berbagai Kota.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Pandemi Covid-19 ini menyebabkan terjadinya pencurian di berbagai daerah di Indonesia. Banyak pencuri melakukan tindakan mencuri karena kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat aparat harus memberikan sanksi kepada pencuri. Permasalahan dalam ...