Muaddib : Studi Kependidikan dan Keislaman
Vol. 12. No 1 (2022)

PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA FLIPPED LEARNING CLASSROOM PADA MATEMATIKA BILANGAN BULAT DI MTS BERBASIS MICROSOF 365

Nurmawati Nurmawati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Marianus Subandowo (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Atiqoh Atiqoh (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk Model Blended Learning dengan Media Flipped Learning Classroom di MTS Berbasis Microsoft 365 dengan menggunakan model pengembangan ADDIE untuk mata pelajaran pada Matematika Bilangan Bulat. Penggunaan Model Blended Learning dengan Media Flipped Learning Classroom ini efektif   dapat   meningkatkan   interaksi belajar aktif. Dalam memanfaatkan Model Blended Learning dengan Media Flipped Learning Classroom siswa SMP untuk mata pelajaran Matematika Bilangan Bulat ini, disarankan untuk: secara konsisten dan kontinu mempelajarinya dan mengikuti instruksi yang diberikan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah Produk Model Blended Learning dengan Media Flipped Learning Classroom ini memiliki tingkat kelayakan materi 97,5%, kelayakan desain pembelajaran 96,25%, dan kelayakan media pembelajaran 95%. Sedangkan tingkat kelayakannya berdasarkan uji coba perorangan adalah 99,16 %, berdasarkan uji coba kelompok kecil adalah 96,67% dan berdasarkan uji coba lapangan 94,71% dengan kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

muaddib

Publisher

Subject

Education

Description

MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman, with a registered number p-ISSN: 2088-3390, e-ISSN: 2540-8348 is a multidisciplinary scientific journal published by the Faculty of Islamic Studies, University of Muhammadiyah Ponorogo. It is at the national level that includes a lot of common issues or ...