MEDIA BINA ILMIAH
Vol 16, No 7: Februari 2022

PENGARUH BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW PADA MASYARAKAT MEDAN MARELAN

Henny Pratiwi (Politehnik LP31 Medan)
Kalvin Sinaga (Politeknik Bisnis Indonesia, Pematang Siantar)
Sri Eka Wulandari (Politehnik LP31 Medan)
Muhammad Ilham Riyadh (Universitas Islam Sumatera Utara)
Leny Andriani (Politehnik LP31 Medan)
Sulaiman Ginting (Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh brand image dan promosi terhadap keputusan pembelian produk MS Glow pada Masyarakat Medan Marelan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh brand image dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Masyarakat Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan 3 variabel yang pertama variabel dependen (Y) keputusan pembelian dengan indikator pilihan produk, pilihan merk, pilihan penyalur,waktu pembelian dan jumlah pembelian. Variabel independen (X) meliputi: Brand Image (X1) dengan indikator citra pembuat, citra produk dan citra pemakai, dan Promosi (X2) dengan indikator periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, pemasaran langsung, dan publisitas.Populasi berjumlah 300 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling hingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 75 responden. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, Sedangkan untuk pengolahan data penelitian ini menggunakan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini variabel brand image merupakan variabel yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk ms glow dibutikan dalam hasil uji t brand image memiliki hasil yang berpengaruh. Hasil uji f dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan antara variabel brand image dan promosi, kemudian dalam penelitian ini variabel promosi merupakan variabel yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk ms glow terbukti dalam hasil penelitian uji t promosi, dan hasil dari nilai uji koefisien determinasi sebesar nilai Adjusted R Square 0,469 sama dengan 46,9%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MBI

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh lembaga pengembangan sumber daya insani. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta ...