Jurnal Ilmiah SEMANTIKA
Vol. 3 No. 02 (2022): Februari

PERAN INFOMASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PADA MATERI TELAAH SASTRA DI PERGURUAN TINGGI

Denik Wirawati (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan)
Hasrul Rahman (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menjabarkan proses pembelajaran yang menggunakan informasi digital, proses pembelajaran ini pada masa pandemic covit 19. Salah satu mata kuliah yang dijabarkan menggunakan teknologi digital adalah kelas keterampilan pada ranah keterampilan membaca. Keterampilan membaca pada materi membaca telaah sastra merupakan salah satu yang membutuhkan peran informasi digital. Dalam penelitian ini menjabarkan keterkaitan peran informasi digital dalam proses pembelajaran. Mahasiswa lebih antusias dalam proses pembelajaran membaca telaah sastra dengan melibatkan teknologi di dalamnya. Pandemic covit sangat berpengaruh dalam dunia Pendidikan khususnya dalam proses belajar. Sehingga didalam penelitian ini mengangkat peran digital seperti beberapa aplikasi yang menjadi solusi kesulitan proses belajar dan untuk mengatasi kejenuhan. Dunia Pendidikan akan maju apabila peran pengajar besar dalam meningkatkan proses pembelajaran yang lebih menyenangkan. Hasil dari penelitian ini adalah respon positif dari mahasiswa terhadap teknologi yang dipakai dalam proses belajar. Dengan teknologi ini dosen juga akan lebih mudah menyampaikan materi dan evaluasi. Evaluasi bisa lebih cepat dalam melihat hasil nilai yang sudah dikerjakan mahasiswa. Dunia Pendidikan di era 4.0 ini tidak akan lepas dari teknologi, oleh sebab itu peran digital sangatlah penting.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semantika

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Hasil penelitian, tinjauan pustaka ( literature review ) dan/atau bentuk karya tulis ilmiah lainnya, yang khusus mengkaji Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pembelajaran Sastra Indonesia, Pembelajaran BIPA, Sastra Murni, Linguistik, dan Teknologi Pembelajaran Bahasa ...