Kajian Branding Indonesia
Vol 3 No 2 (2021): Kajian Branding Indonesia

Eksplorasi Brand Associations Taman Hiburan Dunia Fantasi melalui Textual Reviews di Masa Pandemi COVID-19

Remma Galang Mahardika (Unknown)
Silvia Putri Pangestu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi brand associations yang muncul dari ulasan daring terkait pikiran, pendapat, dan perasaan pengunjung terhadap taman hiburan yang terkenal di Indonesia. Tujuan lanjutan dari penelitian ini adalah untuk melihat brand associations yang menonjol di dalam favorability yang ada untuk mengevaluasi objek penelitian. Teknik content analysis diaplikasikan menggunakan perangkat lunak NVivo 12 untuk mengolah data ulasan yang diekstraksi menggunakan Outscraper, sebuah pengunduh data otomatis. Alat ini kemudian mengekstraksi 1.164 data kualitatif dari Google Maps Review dalam bentuk ulasan yang kemudian digunakan sebagai data utama penelitian ini dalam rangka waktu pandemi COVID-19. Penelitian ini menemukan 363 asosiasi unik terkait objek penelitian dengan 3653 referensi yang terbagi atas 2185 positif, 755 negatif, 607 netral, dan 106 campuran. Berdasarkan analisis Pareto, penelitian ini juga menemukan 8 asosiasi menonjol, yang adalah 4 positif, 1 negatif, 2 netral, dan 1 campuran. Penelitian ini kemudian memberikan implikasi praktis berdasarkan temuan. Studi ini mengidentifikasi kemungkinan penggunaan ulasan tertulis yang tersedia secara daring sebagai pengganti metode pengambilan data yang intrusif seperti wawancara atau survei. Terlebih lagi, penelitian ini adalah salah satu studi yang menggunakan COVID-19 sebagai konteks penelitian untuk mengevaluasi brand image dalam bentuk brand associations.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kbi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

KBI focuses on the dissemination of studies in the areas of creation, development, sustainability of brands, and areas where consumers process various perceptions related to products or services brands: - Logo - Naming and packaging - Branding and technology - Brand research methods - Brand metrics ...