Kajian Branding Indonesia
Vol 3 No 1 (2021): Kajian Branding Indonesia

Faktor Kredibilitas Ulasan Online dan Pengaruhnya terhadap Citra Merek dalam Konteks Produk Pensil Alis di Sociolla

Anastasia Erika (Unknown)
Olivia Olivia (Unknown)
Krishnamurti Murniadi (Unknown)
Bernardinus Realino Yudianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2021

Abstract

Sejak Covid-19 dan penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membawa potensi perubahan yang sangat signifikan dalam pola berbelanja konsumen. Hal ini tentunya memicu perubahan pola pembelian dari offline menjadi online melalui platform e-commerce. Perkembangan tren industri kecantikan juga dapat mempengaruhi pola konsumsi masyarakat akan kosmetik. Penelitian ini merupakan replikasi dari studi Chakraborty dan Bhat (2018) mengenai topik kredibilitas ulasan online serta citra merek dari segi fungsional dan hedonis. Namun peneliti melakukan perubahan konteks dari produk elektronik menjadi produk makeup dengan spesifikasi produk pensil alis dalam platform Sociolla. Sehingga peneliti ingin mengembangkan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui faktor kredibilitas ulasan online dan pengaruhnya terhadap citra merek baik dari segi fungsional dan hedonik dalam konteks produk pensil alis di Sociolla di Jabodetabek. Dengan target sampel kurang lebih 325 responden dan setelah menjalani tahap data cleaning di eliminasi menjadi 302 responden menggunakan teknik sampling purposive dilengkapi dengan teknik aksidental. Kemudian akan diuji tahap lanjut melalui analisis Structural Equation Modeling (SEM). Dari penelitian ini didapat 3 temuan utama: (1) review quality dan review consistency berpengaruh positif terhadap ulasan online yang kredibel, (2) receiver berpengaruh secara parsial terhadap credible online review, dan (3) ulasan online yang kredibel berpengaruh positif terhadap functional brand image. Dari sisi teoritis, penelitian ini berkontribusi dalam bidang literatur pemasaran terkait topik ulasan online yang kredibel dan citra merek pada platform e-commerce. Dari sisi praktis, penelitian ini dapat mengembangkan ulasan online bagi e-commerce yang bermanfaat untuk membantu perusahaan menyusun strategi yang dapat mendorong pelanggan untuk menulis ulasan yang kredibel.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kbi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

KBI focuses on the dissemination of studies in the areas of creation, development, sustainability of brands, and areas where consumers process various perceptions related to products or services brands: - Logo - Naming and packaging - Branding and technology - Brand research methods - Brand metrics ...