Kajian Branding Indonesia
Vol 2 No 2 (2020): Kajian Branding Indonesia

Pengaruh Emosi Wisatawan terhadap Citra Kognitif dan Afektif dalam Wisata Yoga di Bali

Nabilah Wahyu Utami (Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Universitas Prasetiya Mulya, Kampus BSD, BSD City Kavling Edutown I.1, Jl. BSD Raya Utama, BSD City, Kec. Pagedangan, Tangerang, Banten 15339)
Sheila Sherviana (Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Universitas Prasetiya Mulya, Kampus BSD, BSD City Kavling Edutown I.1, Jl. BSD Raya Utama, BSD City, Kec. Pagedangan, Tangerang, Banten 15339)
Istijanto Istijanto (Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Universitas Prasetiya Mulya, Kampus BSD, BSD City Kavling Edutown I.1, Jl. BSD Raya Utama, BSD City, Kec. Pagedangan, Tangerang, Banten 15339)
B.Realino Yudianto (Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Universitas Prasetiya Mulya, Kampus BSD, BSD City Kavling Edutown I.1, Jl. BSD Raya Utama, BSD City, Kec. Pagedangan, Tangerang, Banten 15339)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman emosi wisatawan terhadap niat perilaku melalui citra destinasi dalam melakukan wisata yoga. Namun, ada kesenjangan dalam literatur yang ada saat ini dimana hanya menggunakan satu jenis emosi negatif. Penelitian ini menambahkan emosi negatif; anger dengan tujuan untuk melengkapi literatur dalam memahami pengaruh pengalaman emosi wisatawan terhadap niat perilaku melalui citra destinasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner online kepada responden yang sudah pernah mengunjungi wisata yoga di area Ubud, Bali. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik snowball dan data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan confirmatory factor analysis dan structural equation modeling. Temuan pada penelitian ini mengungkapkan bahwa wisatawan domestik memiliki pengalaman emosional negatif yang memiliki dampak langsung pada citra destinasi dan efek tidak langsung pada niat perilaku. Penelitian ini berupaya untuk memberikan wawasan tentang pengalaman emosional wisatawan yang dapat dipertimbangkan untuk kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh bisnis pariwisata yoga, selain itu juga dapat memaksimalkan hal-hal yang mempengaruhi emosi wisatawan seperti fasilitas. Hal ini juga akan membantu pengembangan sektor pariwisata yoga di Ubud, Bali.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kbi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

KBI focuses on the dissemination of studies in the areas of creation, development, sustainability of brands, and areas where consumers process various perceptions related to products or services brands: - Logo - Naming and packaging - Branding and technology - Brand research methods - Brand metrics ...