Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)
Vol. 1 No. 2 (2021): September

Dampak Covid-19 terhadap Tingkat Inflasi (Kelompok Pengeluaran Makanan, Minuman, Tembakau dan Kesehatan Periode 2010-2020)

Rizkya Lutfi Amalin (UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Maya Panorama (UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemic covid-19 terhadap tingkat inflasi pada kelompok pengeluaran makanan, minuman, tembakau dan kesehatan 2010 2020.Melihat dampak pandemic covid-19 tidak hanya mengganggu kondisi kesehatan manusia namun juga mengganggu kesehatan ekonomi dunia.Tingginya tingkat pengangguran sebagai dampak dari pemutusan hubungan kerja, pembatasan ruang gerak yang menyebabkan tersendatnya roda perekonomian, turunnya pendapatan masyarakat, permintaan yang tidak stabil, hingga tingginya bahan pangan.Kondisi ini menyebabkan tingginya tingkat inflasi dan terjadinya instabilitas ekonomi dalam kurun waktu yang tidak dapat dipastikan.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dampak covid-19 menunjukkan tingkat inflasi pada 2020 sebesar 1,68%. Penurunan inflasi pada 2020 masih termasuk kategori jenis inflasi ringan (inflasi dibawah 10% per tahun), yaitu inflasi yang masih belum begitu mengganggu keadaan ekonomi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jebi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) is a peer-reviewed journal that aims to advance islamic economies in emerging markets, namely economies in emerging countries and economies in emerging areas in developed countries. Scope The scope of Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)  are but ...