Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)
Vol. 1 No. 2 (2021): September

Optimalisasi dan Aktualisasi Manajemen Jaringan Pemasaran Industri Makanan pada Pasar Global (Studi pada Perusahaan Mitra Tani 27 Jember)

Bastomi Dani Umbara (Universitas Islam Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Salah satu strategi pemasaran agar produk dapat berhasil dipasarkan adalah membangun sebuah jaringan bisnis. Jaringan bisa diartikan sebagai proses membangun hubungan, serta memperluas relasi jaringan pengusaha, melalui serangkaian kontak jangka panjang antara individu atau organisasi. Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan metode kualitatif dengan metode fenomenologi. Berdasarkan objek yang dipilih peneliti, penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian lapangan. Sebagai alat analisis, peneliti menggunakan teori-teori dari literatur yang mendukung judul makalah ini dan yang terkait dengannya. Hasil penelitian ini adalah Dalam mendistribusikan produknya PT. Mitratani diawali dengan proses produksi sampai dengan proses pemasaran edamame yang melibatkan banyak pihak. Dengan kerjasama antar mitra bisnis, edamame berhasil dipasarkan pada pasar lokal dan internasional. Jaringan yang terlibat dalam proses produksi yaitu semua tenaga kerja PT. Mitratani yang terlibat pada proses penyediaan bahan baku, proses budidaya edamame, proses pengolahan edamame di pabrik. Jaringan yang terlibat dalam proses pemasaran adalah semua pihak ataupun lembaga yang terkait dalam proses pemasaran produk PT. Mitratani, seperti distributor, dan pedagang pengecer (retail).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jebi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) is a peer-reviewed journal that aims to advance islamic economies in emerging markets, namely economies in emerging countries and economies in emerging areas in developed countries. Scope The scope of Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)  are but ...