PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Vol 2 No 1 (2019): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia

Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan

Wa Ode Zusnita Muizu (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung 40132, Indonesia)
Umi Kaltum (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung 40132, Indonesia)
Ernie T. Sule (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung 40132, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Kinerja karyawan yang tinggi dapat dicapai jika setiap elemen dalam organisasi terintegrasi dengan baik dan mampu menjalankan perannya. Dalam penelitian ini, elemen mengacu pada variabel kepemimpinan. Hasil survei pendahuluan menunjukkan bahwa kinerja karyawan belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan perbankan di Sulawesi Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei deskriptif dan survei penjelasan. Alat uji hipotesis menggunakan Structural Equation Model (SEM), sedangkan pengolahan data dilakukan dengan program LISREL 8.72 (Linier Structural Relationship). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap kinerja karyawan. Ini berarti bahwa jika implementasi kepemimpinan organisasi dan motivasi kerja lebih baik, maka pencapaian kinerja pegawai perbankan di Sulawesi Tenggara akan lebih optimal.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

perwira

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Ranah kajian PERWIRA adalah tema-tema terkini pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Visi penerbitan PERWIRA adalah menjadi acuan akademis tentang pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Misi PERWIRA meliputi: - Memberi sumbangan kajian kewirausahaan dan pengelolaan usaha. - Mengembangkan ...