PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Vol 2 No 1 (2019): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia

Peningkatan Taraf Hidup Melalui Produksi Pupuk di Pondok Pesantren Mahad Nurul Haromain Jawa Timur

Marsudi Lestariningsih (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Jl. Menur Pumpungan No. 30, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60118, Indonesia)
Hening Widi Oetomo (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Jl. Menur Pumpungan No. 30, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60118, Indonesia)
Muhyi Muhyi (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60118, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2019

Abstract

Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sekitar 3,4 % pertahun tidak mampu mengatasi persoalan pengangguran, karena jumlah angkatan kerja terus bertambah setiap tahun. Dampaknya terasa pada pondok pesantren yang berada di Jawa Timur, yang berakibat lulusannya sulit untuk mendapatkan pekerjaan, karena dari segi iptek dan keterampilannya belum memadai. Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia (STIESA), atas permintaan dari pihak pondok pesantren, membantu menyelesaikan masalah limbah peternakan dan sampah yang ada di lingkungan pondok pesantren dengan memanfaatkannya. Cara yang diusulkan dan dipraktikkan adalah mengolah limbah dan sampah tersebut menjadi produk pupuk dengan teknologi tepat guna.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

perwira

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Ranah kajian PERWIRA adalah tema-tema terkini pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Visi penerbitan PERWIRA adalah menjadi acuan akademis tentang pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Misi PERWIRA meliputi: - Memberi sumbangan kajian kewirausahaan dan pengelolaan usaha. - Mengembangkan ...