PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Vol 2 No 1 (2019): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia

Meningkatkan Keunggulan Bersaing Melalui Analisis SWOT

Mutia Arda (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri, No. 3, Medan 20238, Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari berbagai alternative strategi yang tepat dalam pemasaran melalui berbagai pertimbangan diantaranya STP (Segmenting, Targeting dan Positioning), bauran pemasaran 4 P (Product, Price, Place, Promotion) dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat) dalam hal ini adalah produk Batik Medan. Teknik analisa data yang digunakan adalah Matriks Faktor Strategi Internal (IFAS), Matriks Faktor Strategi Eksternal (EFAS) dan Matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengrajin Batik Medan berada dalam situasi yang sangat baik karena ada kekuatan yang dimanfaatkan untuk meraih peluang yang menguntungkan. Untuk itu dapat digunakan alternatif strategi 1 yakni pengembangan (strategi agresif).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

perwira

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Ranah kajian PERWIRA adalah tema-tema terkini pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Visi penerbitan PERWIRA adalah menjadi acuan akademis tentang pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Misi PERWIRA meliputi: - Memberi sumbangan kajian kewirausahaan dan pengelolaan usaha. - Mengembangkan ...