PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Vol 4 No 1 (2021): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia

Faktor yang Mempengaruhi Niat Membeli Rumah di Jabodetabek Menurut Teori Model Perilaku Pembeli

Abdullah Aljufri (Program Magister Manajemen, Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430, Indonesia)
Alyshia Amalia Meidhani (Program Magister Manajemen, Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430, Indonesia)
Hans Adriel (Program Magister Manajemen, Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430, Indonesia)
Ricardo Wijaya Limas (Program Magister Manajemen, Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2021

Abstract

Pengembang perumahan di Jabodetabek seringkali menyediakan rumah hanya berdasarkan faktor ekonomi masyarakat sekitar tanpa mempelajari minat dan preferensi dari pelanggan, sehingga seringkali terjadi ketidakpuasan tersembunyi dari para pembeli rumah karena para pengembang tidak dapat menyediakan sebuah rumah yang menjawab kebutuhan tersembunyi mereka. Diperlukan sebuah pemahaman yang baik terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pelanggan dalam membeli rumah sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak baik pengembang maupun pembeli. Riset ini bertujuan untuk mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggan dalam membeli rumah. Konsep persepsi terdiri atas atribut-atribut yang melekat pada sebuah rumah seperti; fitur didalam rumah, luas ruang hidup, jarak / aksesibilitas, dan lingkungan. Hasil dari konsep tersebut mengarahkan ke sebuah intensi untuk membeli rumah. Selain itu, terdapat beberapa variabel lain yang dimasukkan ke dalam riset ini yaitu takhayul-nomor dan hantu, nama developer, dan pendanaan. Tujuan dari riset ini adalah untuk menguji atribut-atribut rumah apa saja yang berpengaruh terhadap munculnya intensi membeli rumah. Berdasarkan dari 212 responden dewasa yang telah bekerja memiliki sebuah temuan yang menyatakan bahwa fitur rumah, pendanaan, aksesibilitas, lingkungan, ruang hidup, kredibilitas developer memiliki hubungan positif dengan intensi pembelian rumah sedangkan aspek takhayul tidak mempengaruhi intensi seseorang dalam membeli rumah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

perwira

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Ranah kajian PERWIRA adalah tema-tema terkini pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Visi penerbitan PERWIRA adalah menjadi acuan akademis tentang pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Misi PERWIRA meliputi: - Memberi sumbangan kajian kewirausahaan dan pengelolaan usaha. - Mengembangkan ...