Jurnal Inovasi Pembangunan
Vol 7 No 2 (2019): August 2019

Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring

Muhammad Iqbal (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Sri Latifah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Irwandani Irwandani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video blog (vlog) berbantuan kanal YouTube sebagai alternatif pembelajaran fisika dengan pendekatan STEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Borg and Gall. Kelayakan produk dilakukan dengan melakukan validasi pada ahli materi dan ahli media. Setelah itu, peneliti melakukan uji kemenarikan produk kelompok kecil kepada 30 peserta didik dari beberapa sekolah SMA/MA yang ada di Provinsi Lampung dan uji coba lapangan oleh 120 peserta didik untuk melihat respon peserta didik. Penelitian ini akan menghasilkan produk berupa video blog (vlog) channel YouTube dengan pendekatan STEM. Berdasarkan hasil validasi produk, diperoleh persentase hasil penilaian ahli media 84 %, ahli materi 84 %, dan penilaian ahli IT 72 %. Respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 87 % dan uji coba lapangan 83 %. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa video blog channel Youtube dengan pendekatan STEM layak digunakan sebagai media alternatif pembelajaran daring untuk peserta didik sekolah SMA/MA.

Copyrights © 2019