Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 1 (2005)

Metode Pembelajaran Inkuiri untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Suriswo Suriswo (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2022

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan dasar kita dewasa khususnya dalam pembelajaran adalah adri sudut PBM di kelas yang dibangun oleh guru dalam pelajaran IPS ini cenderung terbatas pada penguasaan materi pelajaran atau bertumpu pada pengembangan aspek kognitif tingkat rendah. Untuk itu perlunya menerapkan metode pembelajaran inkuiri sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS. Tujuan metode inkuiri ialah mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan yang dibutuhkan dengan memberikan permasalahan – permasalahan untuk dipecahkan. Metode inkuiri merupakan metode pembelajaran taraf tinggi karena memerlukan pemecahan masalah yang kompleks dan menuntut/mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pila. Metode pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran IPS di SD adalah di bangun atas dua sisi, yaitu sisi proses belajar sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan sisi hasil belajar untuk mengkontruksi pengetahuan atau penguasaan materi pembelajaran yang baru.

Copyrights © 2005






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan (P-ISSN:1858-4497, E-ISSN: 2549-9300) is a scholarly journal aimed to provide a platform for both established and early-career researchers. This journal accepts research-based papers from the fields of Teaching and Learning; Language and Literacy Education; and ...