Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2006)

Suatu Solusi Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika

Paridjo (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
01 May 2006

Abstract

Tujuan pembelajaran di sekolah senantiasa untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari suatu materi yang sedang dipelajari. Dari sekian banyak siswa di suatu kelompok belajar, sebagian mengalami keberhasilan dan sebagian yang dipalajari disekolah, termasuk pelajaran matematika. Bagi siswa yang selalu gagal memperoleh nilai baik dalam Matematika, menganggap bahwa Matematika itu sulit dan membosankan. Kesulitan belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor dari diri sendiri, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan masyarakat. Selain itu kesulitan disebabkan juga oleh faktof khusus antara lain kesulitan menyelesaikan soal cerita. Kesulitan-kesulitan dalam belajar, khususnya belajar matematika bila kesulitan belajar untuk masing-masing sub pokok  bahasan tidak segera diatasi sedini mungkin akan berpengaruh terhadap proses belajar matematika secara utuh. Suatu cara mengatasi kesulitan belajar, khususnya belajar matematika untuk mempelajari konsep, prinsip dan keterampilan, masalah dihubungkan dengan pengalaman sehari-hari siswa,guru melibatkan siswa dalam membuat generalisasi, guru dalam menjelaskan konsep-konsep matematika kepada siswa menggunakan bahasa yang sederhana dan gunakan alat peraga bila diperlukan serta pembelajaran remedial untuk kesulitan yang sifatnya klasik.

Copyrights © 2006






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan (P-ISSN:1858-4497, E-ISSN: 2549-9300) is a scholarly journal aimed to provide a platform for both established and early-career researchers. This journal accepts research-based papers from the fields of Teaching and Learning; Language and Literacy Education; and ...