M-Dental Education and Research Journal
Vol 1, No 1 (2021): M-Dental Education and Research Journal

GAMBARAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT MASYARAKAT KABUPATEN SAMBAS (Studi dilakukan pada Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Merajut Nusantara tahun 2019)

Manuel Dwiyanto (Unknown)
Pindobilowo Pindobilowo (Unknown)
Mirna Febriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2021

Abstract

ABSTRAK  Latar belakang: Karies gigi masih menjadi masalah kesehatan gigi di Indonesia. Menurut Rikesdas 2018, prevalensi karies gigi di Indonesia 45,3% khususnya di Sambas dengan prevalensi karies 51,14 % dan salah satu faktor risikonya adalah kualitas sumber air minum yang rendah Tujuan:  Memperoleh data demografi, derajat keasaman air minum, saliva dan status kesehatan gigi masyarakat di Kabupaten Sambas responden Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sambas 2019 Metode: Penelitian deskriptif pendekatan potong lintang  yang dilakukan pada masyarakat kabupaten Sambas yang menjadi responden KKN melalui kuesioner; pemeriksaan kesehatan gigi mulut, pH saliva dan air minum. Hasil: 151 responden yang diperiksa memiliki usia rata-rata 24,953 tahun, 66% menggunakan air hujan sebagai sumber air minum dengan keasaman (pH) air 5,965; pH saliva 6,40. Nilai DMFT sebesar 6,51. Berdasarkan uji statistik, tidak ada perbedaan  antara sumber air minum, IMT, frekuensi ke dokter gigi dengan nilai DMFT. Korelasi antara pH air minum dengan nilai DMFT sangat lemah, pH saliva dengan DMFT berkorelasi kuat. Kesimpulan: Kesehatan gigi masyarakat kabupaten Sambas masih sangat rendah. Terjadinya karies gigi pada masyarakat kabupaten Sambas tidak dipengaruhi oleh sumber air minum tapi adanya faktor perilaku untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang kurang baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mderj

Publisher

Subject

Dentistry Education Health Professions Immunology & microbiology Public Health

Description

M-Dental Education and Research Journal published by the Faculty of Dentistry, Prof. University. Dr Moestopo (Beragama) in Jakarta. This journal features articles that publish research articles from researchers and students in all fields of science and basic development of dental and oral health ...