Welvaart : Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial
Vol 1, No 1 (2020): Edisi Juni

MODEL INTERVENSI PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL LANSIA (Di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari)

Sulfiah, Tanzil, Aryuni Salpiana Jabar (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2020

Abstract

Penelitiandilakukan di PantiSosialTresnaWerdhaMinaula Kendari DesaRanoohaKecamatanRanomeetoKabupatenKonawe Selatan.Tujuanpenelitianuntukmengetahui model intervensipekerjasosialdanfaktor-faktor yang mempengaruhikeberhasilanintervensipekerjasosialdalammeningkatkankeberfungsiansosiallansia di panti. Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifdenganpendekatankualitatif, penentuaninformanmelaluiPurposive Sampling,informanterdiridari 5 orang pekerjasosial, 1 orang pembimbingpsikologis, 1 orang perawat dan 3 orang lansia.Pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara dan studidokumentasi dan analisis data dilakukandengandeskriptifkualitatif.Hasil penelitianditemukanbahwapekerjasosialdalamintervensinyaterhadaplansiamenggunakandua model/bentukyaitudirect practice (prakteklangsung) dan indirect practice (praktektidaklangsung). Adapunfaktor –faktor yang mempengaruhikeberhasilanintevensipekerjasosialyaitusikapklien yang kooperatif, kesadarandiriklienbahwaiamemilikimasalah dan kemauanuntukberubah, hubunganbaikantarapekerjasosialdenganklien, dan penyesuaianmateri, metode dan media denganklien. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WELVAART

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Terbit 2 kali setahun. Diterbitkan oleh Jurusan Kesejahteraan Sosial Fisip Univertsitas Halu Oleo. Publikasi ilmiah ini diperuntukkan sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen khususnya yang terkait dengan bidang kesejahteraan ...