Welvaart : Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial
Vol 1, No 1 (2020): Edisi Juni

MODEL PEMBERDAYAAN MELALUI PROGRAM DAY CARE DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANSIA (StudiKasus Di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari)

Yulianti, Jamaluddin Hos, Ratna Supiyah (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2020

Abstract

Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkualitatif. Penentuaninformandalampenelitianinidengancara purposive sampling dan informandalampenelitianiniyaitupekerjasosial 3 orang, penyuluhsosial2 orang, ketua program Day Caredan Home Care1 orang, keluargalansia 3 orangdanlanjutusia 5 orang. Sumber data yang digunakanyaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanteknikwawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakanteknikreduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Adapunhasilpenelitianiniditemukanbahwa model pemberdayaanlansiamelalui program Day Careyang ada di PantiSosialTresnaWerdhadilakukanmelaluipelayanandalambentukbimbingansepertibimbingansosial,fisik, mental spiritual, dan keterampilan. Adapunfaktorpenghambatdalampemberdayaanlansiayaitukondisifisiklansia, komunikasi, sumberdayamanusia, dan sikapketergantunganlansia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WELVAART

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Terbit 2 kali setahun. Diterbitkan oleh Jurusan Kesejahteraan Sosial Fisip Univertsitas Halu Oleo. Publikasi ilmiah ini diperuntukkan sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen khususnya yang terkait dengan bidang kesejahteraan ...