PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 3 No. 2 (2018)

Peningkatan Pembelajaran Materi Pesawat Sederhana di Sekolah Dasar melalui Model Two Stay Two Stray

Muhammad Taufik Hidayat (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Daroni Daroni (Universitas Negeri Semarang)
Umi Setijowati (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Hasil belajar materi pesawat sederhana siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tegalwangi 01Kecamatan Talang Kabupaten Tegal masih rendah. Peneliti menerapkan model pembelajaran Two StayTwo Stray (TSTS). Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam duasiklus. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas saat pelaksanaan pre test sebesar 59,78 meningkatpada hasil post test menjadi 76,55 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 44,68% menjadi80,85%. Selain itu, nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 65,9 meningkat pada siklus II menjadi 74,98dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 70,21% menjadi 89,36%. Aktivitas belajar siswa padasiklus I sebesar 73,43% meningkat pada siklus II menjadi 75,84%. Perolehan nilai performansi guru telahmencapai indikator keberhasilan dengan perolehan nilai akhir pada siklus I sebesar 73,5 meningkat padasiklus II menjadi 78,74. Penerapan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan pembelajaran IPAmateri pesawat sederhana.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...