PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 3 No. 2 (2018)

Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Materi Suhu dan Kalor Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Sigit Pamungkas (SMK N 1 WARUREJA)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika materi suhu dan kalor melaluiproses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas XI TITL 3 SMK N 1 Warureja. Penelitian initermasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tesdan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil serapan pengetahuan setelah tindakan.Sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengumpulkan data perubahan minat dan aktivitas siswa. Hasilpenelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas dalam proses pembelajaran. Peningkatan kualitastersebut dibuktikan dengan proses pembelajaran yang makin lancar pada siklus II dan suasana kelas yangmakin kondusif.. Disiklus I tingkat aktifitas kelas dari 63,33 % meningkat menjadi 93,33 % pada siklus II.Dari hasil angket menyatakan tujuh siswa (23%) setuju disiklus I dan meningkat menjadi 27 (90%) siswamenyatakan setuju disiklus II. Di siklus I tingkatan ketuntasan belajar sebesar 43,33 % menigkat menjadi80 % di siklus II.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...