Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru IPA SMP se-kecamatan Mlati, SlemanYogyakarta dalam mengerjakan soal IPA model Programme Internationale for Student Assesment (PISA).Kompetensi PISA yang diujikan mencakup menjelaskan fenomena secara ilmiah dan mengevaluasi danmendesain penyelidikan ilmiah. Jenis penelitian ini adalah survei yang dilaksanakan di SMP N 2 MlatiYogyakarta. Subjek penelitian ini adalah guru IPA dengan jumlah 12. Jumlah subjek penelitian ditentukandengan menggunakan teknik cluster sampling yang terbagi menjadi empat wilayah yaitu bagian timur,barat, selatan, dan utara sehingga bisa mewakili secara guru-guru IPA di SMP Mlati Yogyakarta. Instrumenpenelitian yang digunakan adalah butir soal IPA model PISA berjumlah lima yang telah divalidasi olehdosen ahli. Teknik analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif deskriptif dengan cara mengkonversi kedalam kategori. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi guru IPA dalam mengerjakan soal IPAmodel PISA masih bervariasi. Nilai prosentasi guru IPA mampu mengerjakan soal untuk kompetensimenjelaskan fenomena secara ilmiah, mendesain penyelidikan ilmiah, dan mengevaluasi terkait denganpenyelidikan ilmiah dan masing-masing 41,67%, 25%, dan 87,5% dengan kategori masing-masing cukup(C), kurang (K), dan baik sekali (BS).
Copyrights © 2018