Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media e-learning berbasisschoology. Tujuan penelitian secara khusus untuk mendeskripsikan: (1) validitas media, (2) kepraktisanmedia, dan (3) efektivitas media. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) model ADDIE.Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 6 Banjarmasin berjumlah 32orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes hasilbelajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas media diperoleh skor 3,94 berkategori valid, (2)kepraktisan media diperoleh skor 3,77 berkategori sangat praktis, dan (3) efektivitas media diperoleh skor0,41 berkategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan e-learning berbasis schoology padamateri impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital layak digunakan pada pembelajaran.
Copyrights © 2018