PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 3 No. 2 (2018)

Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Materi Impuls dan Momentum untuk Melatihkan Literasi Digital

Misbah Misbah (Universitas Lambung Mangkurat)
Wahyu Aji Pratama (Universitas Lambung Mangkurat)
Sri Hartini (Universitas Lambung Mangkurat)
Dewi Dewantara (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media e-learning berbasisschoology. Tujuan penelitian secara khusus untuk mendeskripsikan: (1) validitas media, (2) kepraktisanmedia, dan (3) efektivitas media. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) model ADDIE.Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 6 Banjarmasin berjumlah 32orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes hasilbelajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas media diperoleh skor 3,94 berkategori valid, (2)kepraktisan media diperoleh skor 3,77 berkategori sangat praktis, dan (3) efektivitas media diperoleh skor0,41 berkategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan e-learning berbasis schoology padamateri impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital layak digunakan pada pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...