PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 6 No. 2 (2021)

Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Microsoft Sway untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar

Muflikatun Muflikatun (Unknown)
Santoso Santoso (Universitas Muria Kudus)
Erik Aditia Ismaya (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Literasi Sains merupakan kunci sukses dalam menghadapi pesatnya perkembangan teknologi dalam menyikapi tantangan di era digital.Namun kemampuan literasi sains siswa Indonesia berada di bawah skor rata-rata Internasional,Pembelajaran lebih bersifat hafalan dan teoritis daripada keterampilan proses, guru lebih nyaman menggunakan bahan ajar konvensional sehingga penggunaan bahan ajar digital kurang maksimal, minat baca siswa rendah, pemanfaatan smartphonekurang tepat pada siswa, keterbatasan guru dalam mengauasai teknologi digital (IT), sehingga mendorong dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penggunaan bahan ajar digital berbasis Micrososft Sway.Teknik pengumpulan data meliputi: wawancara, angket, tes, dan doukumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Reseaech and Development (R&D).Hasil akhir penelitian ini ialah bahan ajar digital berbasis Microsft Sway berupa tautan (link)danbuku panduan penggunaan bahan ajar.Berdasarkan uji gain, uji normalisasi, uji homogenitas uji hipotesis,respon siswa dan wawancara guru, bahan ajar yang dikembangkan efektif meningkatkan literasi sains siswa Sekolah Dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...