Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 1, No 2 (2021): DESEMBER

PARADIGMA PEMBELAJARAN EFEKTIF BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Febri Wahyuni (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)
Herlinda Herlinda (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Paradigma pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia merupakan literasi budaya. Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara formal dimulai ketika memasuki sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Secara keseluruhan formal masing-masing anak mendapatkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia selama 12 tahun. Tujuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia agar peserta didik memiliki kemampuan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk meningkatkan kemampuan intelektual, dan dapat menghargai serta membanggakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara. Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dapat efektif apabila mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan sesuai dengan indikator pencapaian. Guru sebagai pembimbing diharapkan mampu menciptakan kondisi dan suasana yang strategi yang dapat membuat peserta didik nyaman dalam mengikuti pembelajaran. Untuk meningkatkan cara belajar bahasa dan sastra Indonesia yang efektif diperlukan strategi yang tepat agar pembelajaran dapat berjalan dengan optimal dan efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gurindam

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra adalah jurnal akses terbuka yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini diterbitkan 2x setahun, yakni Juni dan Desember. Jurnal ini berisi hasil penelitian (lapangan atau ...